Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card tanpa melakukan partisi



   Dengan semakin banyaknya jumlah aplikasi android yang ada saat ini, baik itu aplikasi yang berasal dari android market (Google Play Store) maupun yang di unduh melalui situs situs tertentu di internet secara gratis. hal itu terkadang membuat kita ingin mencoba aplikasi tersebut dan menginstallnya di HH andoid yang kita miliki. Namun, seiring dengan banyaknya aplikasi yang terinstall maka lama kelamaan kita tidak bisa lagi menginstall aplikasi di HH android. Hal tersebut biasanya ditandai dengan pesan peringatan “Memory Low” yang berarti memory internal HH android agan udah  penuh dan tdk bisa lagi utk menampung aplikasi yang ingin di install. Terus gimana donk? Kan ane “Download Maniac” yang suka download app android di Playstore atau dari internet untuk ane jadikan koleksi, hahahahaaaa... Tenang bro, buat agan2 yang hobby koleksi aplikasi android di HH kesayangan agan nih ane kasih trik supaya agan2 bisa install lebih banyak  lagi aplikasi android.

    Untuk menginstall lebih banyak app di HH android agan, maka kita harus memindahkan app2 yang ada di internal memory ke SD Card. Tidak semua HH android menyediakan ruang penyimpanan internal yang besar, ada juga HH android yang memory internalnya kecil. Seperti HH ane nih si mini GT-S5570 Cuma 160Mb, Wkwkwkkkkk..  namun tidak semua aplikasi yang ada di internal memory tersebut bisa dipindahkan ke SD Card. Dibawah ini adalah salah satu contoh aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke SD Card. Hal tersebut ditandai dengan tulisan “Move to Sd Card” yang berwarna buram n tdk bisa di klik.


   Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, agan bisa menggunakan aplikasi Force2SD. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi android yang bisa “diacungi jempol” kalau menurut ane sihh. Hal tersebut karena selain app ini dapat “memaksa” memindahkan Aplikasi ke SD Card, ukuran file dari app ini juga cukup kecil sekitar 56Kb.








Requerement:
-          HH android agan sudah dalam kondisi Root.
-          Android OS Versi 2.2(froyo) atau 2.3 (gingerbread)

Note :
Saran ane, sebaiknya jangan memindahkan semua aplikasi ke SD Card agan. Karena ada aplikasi yang otomatis berjalan (running) pada saat HH lagi Startup. Misalnya aplikasi Live Wallpaper dan Widget. Oleh karena itu, sebelum memindahkan app ke SD Card sebaiknya agan pilih2 dulu app mana aja yang kira2 ga jalan saat HH startup. OKE

Sekian dan  terimakasih.
Selamat mencoba Agan2 n semoga berhasil...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar